Media Audio Visual Dalam Pembelajaran

Media Audio Visual

media-audio-visual-dalam-pembelajaranmedia-audio-visual-dalam-pembelajaran

Pengertian Media  Audio Visual 

Media audio visual merupakan media perantara atau penggunaan materi melalui indera penglihatan dan indera pendengaran sehingga menciptakan situasi yang dapat membuat siswa mampu memperoleh keterampilan, pengetahuan, atau sikap.

Nah, di artikel kali ini admin akan memaparkan beberapa bentuk media audio visual yang bisa dikelompokkan menjadi 6 kelas, yaitu:
  1. Media audio visual diam, contohnya : filmastip bersuara, komik dengan suara, slide bersuara. 
  2. Media audio visual gerak, contohnya : televisi, video tape, dan sebagainya. 
  3. Media audio, contohnya : telepon, radio, tape dan sebagainya
  4. Media audio semi gerak, contohnya : telewriter, mose, dan media board.
  5. Media visual gerak, contohnya : film bisu.
  6. Media visual diam, contohnya : microfon, gambar, peta globe, bagan, dan sebagainya 

Kriteria Audio Visual 

  1. Ketersediaan sumber setempat. Artinya bila media yang bersangkutan tidak terdapat pada sumber-sumber yang ada, maka harus dibeli atau dibuat sendiri. 
  2. Harus luwes, keperaktisan, dan ketahan lamaan media yang bersangkutan untuk waktu yang lama, maksudnya adalah dapat digunakan kapanpun dan dimanapun dengan peralatan yang ada disekitarnya serta mudah dijinjing dan dipindahkan
  3. Efektifitas biaya, tujuan serta suatu teknis media pengajaran. 

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Media Audio Visual

  1. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Media dipilih berdasarkan tujuan instruksional yang telah ditetapkan yang secara umum mengacu kepada salah satu atau gabungan dari dua atau tiga ranah kognitif, psikomotor dan afektif.
  2. Aspek materi yang menjadi pertimbangan dianggap penting dalam memilih media sesuai atau tidaknya antara materi dengan media yang digunakan atau berdampak pada hasil pengajaran siswa
  3. Tepat untuk mendukung isis pelajaran yang bersifat konsep, fakta, prinsip yang generalisasi supaya bisa membantu proses pembelajaran secara efektif.
  4. Ketersediaan media disekolah. 


Kesimpulan 
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa media audio visual harus disesuaikan dengan kondisi yang ada, maksudnya materi dengan media yang akan digunakan harus saling berkaitan agar dapat dimengerti dan dipahami oleh orang yang memperhatikan. Dan dalam dunia pendidikan media audio visual sangat membantu dalam proses pembelajaran terutama membantu siswa untuk mempermudah memahami penjelasan yang di jelasakan.

Related Posts:

1 Response to "Media Audio Visual Dalam Pembelajaran"